Sun. Feb 23rd, 2020

Elkosongsiji Media

Welcome to Elkosongsijimedia

Inilah Macam-Macam Senam yang Perlu Diketahui!

Inilah Macam-Macam Senam yang Perlu Diketahui!

Senam menjadi olahraga yang banyak disukai karena memiliki banyak gerakan yang menarik sehingga tidak bosan untuk melakukannya. Tak hanya menarik, gerakan senam terbilang cukup mudah sehingga siapa saja dapat melakukannya. Senam sendiri terdiri dari beberapa macam seperti di bawah ini:

1. Senam artistik

Senam yang satu ini memiliki unsur keindahan yang membuat siapa saja ingin terus menyaksikannya. Gemulai tubuh yang begitu halus dan lembut menjadi salah satu daya tarik dari senam ini. Sesuai dengan namanya artistik, senam ini mengutamakan keindahan seni. Senam artistik biasanya dilakukan dengan menggunakan bantuan alat seperti gelang-gelang, pelana kuda, atau palang.

2. Senam ritmik sportif

Senam ritmik sportif adalah senam yang menggabungkan antara gerakan senam itu sendiri dengan gerakan tarian seperti balet dan lainnya. Ciri khusus dari senam ini adalah gerakan senam yang indah seperti tarian yang digabungkan dengan iringan musik yang selaras.

Dalam senam ritmik sportif, terdapat beberapa alat yang biasanya digunakan seperti tali, pita, gadi, bola, dan simpai. Gerakan dalam senam ritmik sportif biasanya dinilai dari keseimbangan dan kelihaian tubuh dalam melakukan gerakan melompat, pivots, dan gerakan fleksibel. Setiap gerakan diharuskan menutupi seluruh lantai.

3. Senam akrobatik

Senam akrobatik banyak menggunakan gerakan melompat, salto, dan beberapa gerakan ekstrim lainnya. Orang yang memainkan gerakan senam akrobatik haruslah lihai dalam menyelaraskan setiap gerakan dengan gerakan lainnya. Konsentrasi penuh agar tubuh tetap seimbang dan lentur juga harus terus dijaga. Senam akrobatik banyak ditemukan pada seni bela diri dan seni pertunjukan.

4. Senam trampolin

Sesuai dengan namanya, senam trampolin dilakukan dengan menggunakan alat khusus yakni trampolin. Pesenam harus melakukan gerakan senam sambil melompat-lompat di atas trampolin besar. Dalam senam trampolin, terdapat gerakan kangkang, lompat, salto, dan gerakan lainnya. Senam ini pada mulanya berasal dari senam artistik dan akrobatik, namun karena gerakan di atas trampolin terlihat indah, maka dibuatlah nomor khusus untuk senam trampolin.

5. Senam aerobik sport

Senam yang satu ini adalah senam yang terdiri dari gerakan akrobatik yang terbilang sulit sehingga tidak banyak orang yang dapat melakukannya. Tak hanya menggunakan gerakan akrobatik yang sulit saja, senam ini juga menggunakan irama yang selaras dengan gerakan layaknya senam ritmik.

6. Senam umum

Senam umum atau lebih dikenal dengan nama senam kesegaran jasmani ini adalah senam yang sangat disukai oleh masyarakat luas. Menggunakan gerakan senam yang sederhana dan mudah dilakukan, senam umum juga semakin menarik dengan iringan musik yang semakin menambah semangat.

Itulah beberapa macam senam yang perlu diketahui. Tak hanya menarik, semua senam tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan jika dilakukan dengan rutin.

Senam