Sun. Feb 23rd, 2020

Elkosongsiji Media

Welcome to Elkosongsijimedia

Mengenal Macam-Macam Senam Ritmik yang Indah

Mengenal Macam-Macam Senam Ritmik yang Indah

Senam ritmik adalah senam yang dilakukan dengan menggunakan iringan irama atau musik. Senam ini biasanya mengutamakan kelihaian, kelenturan, dan keindahan gerakan. Terdapat beberapa macam senam ritmik yang sering diperlombakan dalam berbagai kompetisi. Berikut ini adalah macam-macam senam ritmik tersebut:

1. Senam ritmik dengan bola

Senam ritmik yang satu ini menggunakan bantuan bola sebagai alat. Jika senam ritmik yang dipertunjukan adalah senam individu, maka yang digunakan hanya perlu 1 bola saja. Namun jika berkelompok, maka digunakan beberapa bola.

Bola yang digunakan biasanya berukuran sedang sehingga mudah untuk dilempar dan dimainkan. Bola juga terbuat dari plastik atau karet sehingga mudah digunakan. Dalam pertunjukan senam ritmik dengan bola, semakin rumit gerakan yang dilakukan dengan menggunakan bola, maka akan semakin tinggi pula nilai yang didapatkan.

2. Senam ritmik dengan pita

Senam ritmik dengan bantuan pita merupakan salah satu jenis senam ritmik yang banyak dipertontonkan karena banyak penikmatnya. Keindahan gerakan tubuh yang diselaraskan dengan gerakan pita yang melilit dan menjuntai-juntai membuat mata setiap orang akan terpana melihatnya.

Jenis pita yang digunakan juga tidak sembarangan. Pita tersebut harus terbuat dari bahan yang mudah diliuk-liukkan seperti bahan satin. Panjang dari pita juga harus sesuai dengan tinggi badan atlet sehingga tidak akan menyulitkan atlet saat memainkannya.

3. Senam ritmik dengan tali

Sama halnya dengan menggunakan pita, senam ritmik dengan tali juga yang mudah dilenturkan. Namun perbedaannya adalah tali yang digunakan tidak memiliki pegangan seperti yang ada pada pita.

4. Senam ritmik dengan gada

Gada yang digunakan biasanya terbuat dari bahan plastik atau kayu yang ringan sehingga mudah untuk dilempar dan dimainkan layaknya sebuah akrobat. Gada yang digunakan berbentuk seperti botol dengan panjang sekitar 45-50 cm dan berat 150 gram.

5. Senam ritmik dengan simpai

Simpai atau hulahop juga sering menjadi tontonan yang paling ditunggu. Simpai atau hulahop akan digunakan untuk dilempar, ditangkap, atau diputar dengan menggunakan bagian tubuh tertentu seperti kaki atau tangan. Ukuran standar dari simpai yang digunakan adalah simpai dengan berat 300 gram dan diameter 80-90 cm.

Itulah beberapa macam senam ritmik yang ada. Keseluruhan senam tersebut dilakukan dengan menggunakan bantuan alat sehingga gerakan lebih bervariasi dan menarik.

Senam