Pelatih Mempunyai Peranan Yang Sangat Penting Dalam Sebuah Tim Sepakbola

by admin
0 comment
4 pelatih PSMP Mojokerto di Liga 2 2018, saat memimpin latihan.
Mojokerto, Elkosongsiji.com – Pelatih mempunya peranan yang sangat penting dalam sebuah tim sepakbola. Peran pelatih sangat penting selama masa berlatih dan persiapan, dan  sangat penting lagi, ketika timnya sedang bertanding. Sebuah tim akan mengalami kerugian besar, jika ketika bertanding tidak didampingi pelatihnya di pinggir lapangan.
Pelatihlah yang menentukan porsi latihan, durasi latihan, jenis latihan setiap pemain di sebuah tim. Misal, seorang pemain lemah dalam stamina, maka sang pelatih akan menggenjot latihan untuk meningkatkan stamina. Atau pemain kekurangan semangat, mentalnya lemah, maka sang pelatih akan mencari metode khusus untuk meningkatkan motivasi pemain.
Pelatih pula yang menetapkan formasi apa yang akan dipakai untuk pertandingan tersebut. Apakah formasi tradisional 4-4-2. Atau formasi modern yang lagi tren saat ini, yaitu formasi 4-2-3-1. Atau bahkan formasi menyerang total 4-3-3. Mungkin juga, pelatih akan memakai formasi klasik 3-5-2 yang sering disuka tim-tim Indonesia. 
“Pemain agar tahu dan siap jika harus menggantikan pemain inti kapanpun juga. Ini juga persiapan kompetisi nanti. Saya kira kemampuan pemain inti dan pemain cadangan tidak ada bendanya. Semua memilik kekuata yang sama. Siapa yanga siap, kita akan turunkan di starting line up,� ungkap Nusyadera.
Ketika tim akan bertanding, bertambah pulalah peran penting seorang pelatih. Pelatih akan memilih pemain mana yang akan menjadi starter. Tentunya banyak faktor untuk dipertimbangkan sebelum memilih pemain mana yang tampil lebih dulu. Bisa dari kondisi fisik dan mental pemain bersangkutan, atau situasi dan kondisi tim lawan, atau formasi permainan yang akan dijalankan. Pelatihlah yang punya andil besar dalam menentukan starting line up.
Penulis : Andi Y.

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: