Cegah Kecelakaan, PT JSN bakal Pasang Pita Kejut di Tol Solo-Ngawi

by admin
0 comment

Cegah Kecelakaan, PT JSN bakal Pasang Pita Kejut di Tol Solo-Ngawi

JawaPos.com- PT Jasamarga Solo-Ngawi (JSN) berencana memasang pita kejut di sepanjang ruas jalan tol Solo-Ngawi. Pemasangan pita kejut ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan. Rata-rata kecelakaan yang terjadi di tol Solo-Ngawi disebabkan karena faktor kelelahan.

“Upaya kami untuk menekan angka kecelakaan di jalan tol adalah dengan memasang pita kejut setiap 10 km,” terang Manajer Area PT JSN Sih Wahyono kepada JawaPos.com, Sabtu (16/3).

Wahyono juga mengatakan, bahwa kecelakaan yang terjadi di ruas jalan tol Solo-Ngawi rata-rata karena kelelahan. Kasus terakhir terjadi saat kecelakaan yang melibatkan Daihatsu Xenia dengan truk tronton bermuatan gandum di KM 521.800. Sang sopir yang sudah mengemudikan mobilnya dari Bali tidak kuasa menahan lelah. Sehingga, dia tidak mampu mengendalikan mobil dan akhirnya menabrak truk tronton yang ada di depannya.

“Kecelakaan itu karena sopir yang mengantuk, dia perjalanan dari Bali. Dia mengantuk dan tidak bisa mengendalikan mobilnya dan menabrak. Jadi bukan karena blind spot,” ucapnya.

Rencananya, pita kejut akan dipasang setiap 10 km di sepanjang jalan Solo-Ngawi. Dengan harapan, pengemudi yang kelelahan bisa tersadarkan ketika melintasi pita kejut. Sehingga dia bisa beristirahat di rest area yang sudah disiapkan.

“Kalau melintasi pita kejut kan pengemudi jadi tersadar. Jika lelah dia bisa beristirahat di rest area,” pungkasnya.

Editor           : Dida Tenola

Reporter      : Ari Purnomo

Published at Sat, 16 Mar 2019 07:53:41 +0000

You may also like

Leave a Comment

%d bloggers like this: