Ini Alasannya Mengapa Jus Sayur Dapat Menurunkan Berat Badan

by admin
0 comment

Ini Alasannya Mengapa Jus Sayur Dapat Menurunkan Berat Badan

JawaPos.com – Banyak cara yang diterapkan setiap orang ketika menjalankan diet. Salah satu langkah yang sangat membantu untuk mendetoksifikasi racun dan lemak dari dalam tubuh adalah jus sayur.

Jus sayur sangat penting karena tubuh mendapatkan vitamin dan mineral tambahan yang mungkin tidak didapat dari pola makan yang biasa. Porsi buah dan sayur yang perlu dimakan setiap hari adalah 4-5 porsi atau 35-38 gram serat.

Serat adalah bagian tumbuhan yang tidak dapat dicerna tubuh tapi mempunyai manfaat seperti mengeluarkan lemak dan kolesterol jahat. Manfaat itulah yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Jus sayuran dapat dicampurkan dengan bahan-bahan lain sesuai selera untuk menambah rasa. Dapat pula dicampur dengan sayur lain, buah, dan rempah-rempah. Misalnya sayuran hijau seperti seledri, bayam, daun kale; buah yang manis seperti apel, buah naga, pear, atau pisang; atau rempah-rempah seperti jahe, serai, daun ketumbar.

Selain rasa yang lebih segar dan enak, jus yang dicampur memang lebih bermanfaat dibanding jus sayur satu jenis saja.

“Jus yang baik adalah jus yang dicampur, karena banyak vitamin yang beragam dan antioksidan yang lebih tinggi,” ujar Rachel Olsen, Nutrition Expert YOUVIT Multivitamin Gummy, ketika dihubungi oleh JawaPos.com belum lama ini.

Ia mengatakan, semua buah dan sayur sangat baik, tetapi yang terpenting adalah memilih buah yang warna-warni karena pigmen dalam setiap buah mengandung antioksidan dan flavonoid yang berbeda.

Waktu yang paling baik untuk mengkonsumsi jus sayur adalah saat pagi hari sebelum sarapan. Hal tersebut bermanfaat supaya cairan empedu dapat mencerna lemak dalam usus. Walau sudah mengkonsumsi jus sayur, seseorang tetap harus memperhatikan pola makan yang baik.

“Tapi kalau untuk berat badan tidak hanya minum jus saja yang membantu menurunkan berat badan, tapi perlu mengubah pola makan dalam keseluruhan. Kalau minum jus sayuran pagi-pagi tapi siangnya makan pizza atau nasi goreng pasti tetap akan susah untuk menurunkan berat badan,” pungkasnya.

Editor           : Deti Mega Purnamasari

Reporter      : Inriyani Sembiring

Published at Sat, 16 Mar 2019 09:05:59 +0000

You may also like

Leave a Comment

%d bloggers like this: