KPK Bantu Bapenda Sulsel Tagih Pajak Kendaraan Bermotor

by admin
0 comment

KPK Bantu Bapenda Sulsel Tagih Pajak Kendaraan Bermotor

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantu Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Selatan (Sulsel) menagih Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Ini dilakukan untuk memaksimalkan upaya pemerintah dalam mengawasi dan menjalankan tugas tagihan kepada seluruh wajib pajak.

“Jangan takut. Di Jakarta juga saya bantu menagih pajak kendaraan. Tagih semua tanpa lihat siapa orangnya. Biasanya memang yang menunggak pajak bukan orang biasa,” kata Koodinator Wilayah VII Tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK Aldinsyah Malik Nasution dalam keterangan resmi, Sabtu (16/3).

Aldinsyah menerangkan, maksimalisasi penagihan pajak kepada seluruh wajib pajak akan membantu pemerintah meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). KPK mendorong Bapenda melalui perangkat teknis Samsat se-Sulsel agar lebih aktif dalam melakukan tagihan pajak.

“Samsat aktif mengejar PKB yang tertunggak tanpa peduli latar belakang wajib pajak. Bapenda Sulsel memberikan nama, alamat, dan jumlah tunggakan pajak agar dapat membantu melakukan penagihan,” tegas Aldinsyah.

Terpisah, Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Bapenda Sulsel Denny Irawan Saardi menyatakan kesiapannya untuk lebih maksimal dalam melaksanakan tanggung jawab penagihan pajak. “Bapenda sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan PAD. Di antaranya mempermudah pembayaran pajak dengan menggandeng Indomaret, melalui sistem mobile banking, drive thru, samsat lorong, dan sejumlah inovasi lainnya,” imbuhnya.

Bapenda Sulsel juga melakukan integrasi sistem pajak dengan melibatkan institusi lain seperti Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Bahkan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulsel, Bapenda Sulsel telah lama melakukan integrasi data.

“Kami juga memanfaatkan pembayaran pajak secara nontunai. Baik melalui ATM maupun menggunakan aplikasi mobile banking,” pungkas mantan Kabag Humas Pemprov Sulsel ini.

Editor           : Sofyan Cahyono

Reporter      : Sahrul Ramadan

Published at Sat, 16 Mar 2019 04:50:17 +0000

You may also like

Leave a Comment

%d bloggers like this: