Wapres JK Beberkan Kunci Negara Maju ke Penerima Beasiswa LPDP

by admin
0 comment

Wapres JK Beberkan Kunci Negara Maju ke Penerima Beasiswa LPDP

JawaPos.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi para penerima beasiswa LPDP, baik awardee maupun alumni, yang mampu menyelesaikan pendidikannya. Menurutnya, mereka bisa menjadi kunci bagi kemajuan Indonesia di masa depan.

Wapres JK mengatakan, tolok ukur dari sebuah negara maju bukan terdapat pada kondisi geografis, demografi, maupun sejarah panjangnya. Menurutnya, faktor-faktor tersebut hanya pendukung bagi kemajuan negara itu sendiri.

Singapura, kata JK, adalah contoh negara dengan sumber daya alam yang juga kecil namun mampu menjadi negara maju. Negara dengan demografi dan geografi yang besar seperti India saja saat ini masih berjuang menuju negara maju.

“Ada juga negara maju karena SDA-nya. Amerika Serikat maju SDA-nya juga. Tapi Afrika yang begitu kaya SDA, namun konfliknya selalu terjadi dan tetap miskin, banyak negara di Afrika tidak semuanya (kaya tapi maju),” ujarnya dalam Sarasehan LPDP 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (15/3) malam.

Wapres JK berpendapat, kunci dari kemajuan sebuah negara terletak pada semangat dan tingkat pengetahuan masyarakatnya. Hal itu menjadi modal penting dalam mendukung kemajuan sebuah negara.

Dia mengungkapkan, sudah ada beberapa negara yang mampu membuktikannya. Jepang menjadi salah satunya. Negeri Matahari Terbit itu mampu membuktikan jika tanpa dianugerahi kekayaam alam yang melimpah mereka mampu menjadi negara maju.

“Apa persamaan negara maju itu yaitu semangat dan tingkat pengetahuan masyarakatnya. Itulah kesamaan negara maju,” kata dia.

“Jepang tak ada SDA-nya, Korea tidak ada tapi manusianya penuh semangat dan ilmu pengetahuannya dikelola dengan baik dan maju sehingga dia maju dibandingkan negara lain,” pungkasnya.

Editor           : Mohamad Nur Asikin

Reporter      : Hana Adi

Published at Sat, 16 Mar 2019 05:39:55 +0000

You may also like

Leave a Comment

%d bloggers like this: