Fakultas Kedokteran USU Masih Jadi Favorit Pelamar

by admin
0 comment

Fakultas Kedokteran USU Masih Jadi Favorit Pelamar

JawaPos.com – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 akhirnya diumumkan. Sebanyak 2.508 calon mahasiswa dinyatakan lulus seleksi masuk ke Universitas Sumatera Utara. 

Dari jumlah itu, Fakultas kedokteran masih menjadi pilihan favorit para pelamar. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Humas, Protokoler dan Promosi USU, Elvi Sumanti, Jumat (22/3).

“Fakultas yang paling banyak diminati dalam seleksi SNMPTN 2019 adalah prodi ilmu kedokteran, prodi farmasi, prodi teknologi informasi, prodi ilmu hukum dan prodi akuntansi,” kata dia.

Fakultas Kedokteran, kata Elvi, memang sudah menjadi favorit dalam beberapa tahun terakhir. Semua program studinya pun sudah terakreditasi A. “Kualitas tenaga pengajar dipercaya. Ini menjadi jaminan bagi calon mahasiswa. Ditambah dengan rekam jejak alumni yang sukses, menjadi faktor tambahan Fakultas Kedokteran menjadi pilihan,” ujarnya. 

Kata Elvi, pengumuman SNMPTN memang dipercepat. Ini dilakukan supaya memberikan kesempatan bagi pelamar yang tidak lulus bisa mendaftar UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer). 

Namun bagi peserta yang telah lulus SNMPTN, Elvi mengatakan tidak dapat mendaftar kembali melalui jalur SBMPTN. “Tidak bisa lagi. Kalau ada, langsung ditolak lewat sistem,” sambung Elvi.

Pendaftaran UTBK Gelombang 1 akan ditutup pada Minggu(24/3), pukul 22.00 WIB. Sedangkan pendaftaran UTBK Gelombang II dibuka mulai 25 Maret-1 April 2019.

Khusus peserta Bidik Misi yang tidak lulus SNMPTN, dapat mengikuti UTBK tanpa harus membayar biaya pendaftaran lagi.

“Bagi siswa pendaftar Bidik misi yang tidak lulus SNMPTN 2019, jika ingin mengikuti UTBK tidak dikenakan biaya pendaftaran lagi. Jadi kita harap calon peserta UTBK dapat memperhatikan hal-hal penting agar tidak ada yang dirugikan nantinya,” papar Elvi

Dia menjabarkan, USU akan menerima 2.779 mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Pendaftarannya mulai 10-24 Juni 2019 dan pengumumannya pada 9 Juli 2019. Sedangkan seleksi jalur mandiri akan dibuka mulai Juli 2019.

Editor           : Sari Hardiyanto

Reporter      : Prayugo Utomo

Published at Fri, 22 Mar 2019 14:25:59 +0000

You may also like

Leave a Comment

%d bloggers like this: