Koperasi Batur Jaya Berhasil Produksi Silinder untuk Mobil Toyota

by admin
0 comment

Koperasi Batur Jaya Berhasil Produksi Silinder untuk Mobil Toyota

JawaPos.com – Kemenperin menggandeng Institut Otomotif Indonesia (IOI) sebagai inisiator program pengembangan IKM dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai pelaku industri untuk memberikan bimbingan teknis dan dukungan penuh kepada IKM. 

Hasil dari kerja sama antara pemerintah, asosiasi, dan industri ini ditampilkan dalam acara “Kick-Off IKM dalam Supply Chain Industri Otomotif” yang berlangsung di Klaten, Jawa Tengah, (22/3) 

Hasilnya unit IKM Koperasi Batur Jaya , Ceper sukses mengembangkan, memproduksi, dan mengirim produk cylinder sleeve yang digunakan untuk memproduksi piston ring pemasok lokal tingkat 1 TMMIN.  

Pengembangan IKM di Koperasi Batur Jaya (KBJ) Ceper melalui proses panjang sejak tahun 2016 dengan tanggung jawab penuh serta pengawasan dari TMMIN. Fokus pembinaan yang dilakukan oleh TMMIN.

Hingga 3 tahun kemudian tepatnya di awal Januari 2019, produk IKM KBJ telah memenuhi standar kualitas dan mulai masuk sebagai rantai suplai Toyota. Sebanyak 200 cylinder sleeve per bulan produksi Koperasi Batur Jaya akan dipasok ke supplier lapis 1 TMMIN yaitu PT TPR Indonesia.

Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono mengapresiasi kerja keras Koperasi Batur Jaya yang akhinya membawanya menjadi pemasok industri otomotif berstandar global untuk Toyota.

“Pelatihan dan pendampingan dengan metode yang tepat, rekonstruksi ulang dengan standardisasi Toyota, dan bantuan mesin produksi, membawa koperasi Batur Jaya memenuhi persyaratan tinggi dari sisi kualitas, produktivitas, teknologi, dan kontinuitas suplai. Proses yang tidak instan dan kerja keras yang konsisten itu menunjukkan semangat pantang menyerah dari IKM otomotif di Indonesia,” ujar Warih

Cylinder sleeve ini selanjutnya dipergunakan oleh PT TPR Indonesia sebagai alat bantu dalam memproduksi piston ring untuk TMMIN. Selain berkonsentrasi pada pendampingan terhadap KBJ, TMMIN turut mendonasikan 5 mesin produksi berupa mesin Spectrometer, Core Making, Moulding, Small NC Milling, dan Small Milling2 kepada KBJ.

Kerjasama pemerintah,  pelaku industri dan stakeholder yang memberikan kepercayaan penuh kepada IKM untuk meningkatkan kapabilitasnya dalam menghasilkan produk berkualitas global diharapkan dapat menghasilkan SDM yang mapan, teknologi mesin dan peralatan, teknis produksi, serta ketersediaan bahan baku yang bisa dipasarkan secara global.

Editor           : Teguh Jiwa Brata

Reporter      : Wilfridus Zenobius Kolo

Published at Fri, 22 Mar 2019 12:31:54 +0000

You may also like

Leave a Comment

%d bloggers like this: