Jokowi: Kalau Tax Ratio Naik Drastis, Ekonomi Bisa Syok

by admin
0 comment

Jokowi: Kalau Tax Ratio Naik Drastis, Ekonomi Bisa Syok

JawaPos.com – Capres 01 Joko Widodo menyebut akan terjadi syok ekonomi apabila tax ratio langsung dinaikkan dari 10,3 persen menjadi 16 persen. Angka itu didapat Jokowi dari keinginan Capres 02 Prabowo Subianto yang ingin mengembalikan tax ratio menjadi 16 persen seperti saat masa orde baru.

“Kalau dalam setahun naiknya drastis artinya akan ada 5 persen dari GDP (Gross Domestic Product) kita artinya Rp 750 triliun yang ditarik jadi pajak, maka akan terjadi syok ekonomi,” kata Jokowi.

Oleh sebab itu, capres petahana mengatakan tax ratio bisa dinaikkan tetapi secara gradual. Caranya adalah dengan membangun tax based  (basis data pajak) sebanyak-banyaknya. Jokowi pun mengatakan tax based sudah dibangun pada saat program tax amnesti diberlakukan.

“Tax amnesti ada Rp 4.800 triliun dan kita dapatkan income dari sana Rp 114 triliun tahun itu,” tuturnya.

Jokowi mengaku ingin tax based semakin besar namun tak bisa sekaligus seperti yang dikatakan Prabowo Subianto ke media. Menurut Jokowi, di bidang penerimaan pajak ini kalau konsisten di bidang reformasi akan memberikan dampak yang signifikan buat pembayar pajak.

“Sekarang bapak lapor SPT menyampaikan e-filling bisa dari rumah, ini reformasi perpajakan yang kita lakukan,” kata Jokowi.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Uji Sukma Medianti

Published at Sat, 13 Apr 2019 14:56:16 +0000

You may also like

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: