Warga Gilingan Patungan Bangun TPS Unik, 10 Becak Disulap Jadi Bilik Suara

by admin
0 comment

Warga Gilingan Patungan Bangun TPS Unik, 10 Becak Disulap Jadi Bilik Suara

JawaPos.com – Banyak cara dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019, besok Rabu (17/4). Salah satunya seperti yang dilakukan oleh warga Cinderejo Lor, Gilingan, Banjarsari, Solo. Warga yang tinggal di pinggir Sungai Pepe ini menyulap becak-becak menjadi bilik suara.

Ada 10 becak yang disiapkan sebagai bilik suara. Becak-becak tersebut akan dimodifikasi sehingga bisa digunakan untuk bilik suara. Nantinya, kotak suara akan ditempatkan di atas becak.

“Becak ini akan menggantikan meja yang biasa digunakan pada bilik suara. Ide unik ini tidak lain adah untuk menarik perhatian masyarakat yang  punya hak pilih” terang Ketua RT 1/ RW V, Cinderejo Lor, Gilingan, Banjarsari, Daryanto.

Lelaki yang juga sebagai Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) itu menambahkan, dengan keunikan tersebut, diharapkan akan bisa meningkatkan tingkat partisipasi pemilih dan menekan angka golput.

“Jumlah DPT di sini sebanyak 213, kalau pemilu sebelumnya tingkat partisipasi warga sudah mencapai 82 persen tapi jumlah DPTnya 450 orang. Kalau tahun ini kami berharap bisa meningkatkan partisipasinya,” imbuhnya.

TPS Unik Solo
Becak-becak yang dimodifikasi menjadi bilik suara siap menyambut Pemilu 2019. (Ari Purnomo/ JawaPos,com)

Selain itu, TPS unik ini diharapkan dapat menyatukan warga. Meskipun berbeda pilihan politik, tetap bisa menjadi satu bagian warga.

Disinggung mengenai anggaran untuk pembuatan TPS unik ini, Daryanto mengatakan bahwa semua kebutuhan hasil patungan warga setempat. Tidak ada anggaran khusus yang ditujukan untuk membuat TPS tersebut.

“Semua kebutuhan ini dari warga, tidak ada anggaran khusus. Jadi semuanya dari warga sekitar. Seperti bambu di sini ada, becak juga ada, kemudian untuk desainnya dilakukan dari warga sendiri,” ucapnya.

Published at Tue, 16 Apr 2019 04:45:18 +0000

You may also like

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: