Mobil Listrik Tesla Model S Meledak Lagi Saat Parkir

by admin
0 comment

Mobil Listrik Tesla Model S Meledak Lagi Saat Parkir

JawaPos.com – April lalu, mobil bertenaga listrik yang memiliki fitur autonomous, Tesla Model S, meledak dan terbakar di Shanghai, Tiongkok. Mengulang insiden serupa, baru-baru ini Tesla Model S dikabarkan kembali terbakar di area parkir apartemen di Hongkong.

Surat kabar lokal Apple Daily melaporkan bahwa kendaraan mulai mengeluarkan asap dan terbakar sekitar setengah jam setelah diparkir dan terdengar tiga ledakan setelahnya. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (12/5). Butuh sekitar 45 menit bagi tim pemadam kebakaran untuk memadamkan api yang berkobar di mobil mewah bertenaga baterai listrik itu.

Pemilik mobil, bermarga Pang, mengaku telah mengisi daya mobil di stasiun Tesla Supercharger sore hari sebelum memarkirnya di kompleks apartemen tempat tinggalnya. Ketika terbakar, mobil itu tidak sedang mengisi daya ketika diparkir dan ditinggalkannya. “Seorang penjaga keamanan memanggil petugas pemadam kebakaran ketika melihat asap keluar dari mobil, dan alat penyiram membantu menjinakan api,” kata Pang kepada surat kabar itu.

Tesla tidak segera menanggapi insiden tersebut. Namun pada April lalu, pendiri Tesla Elon Musk mengatakan setelah Model S yang diparkir meledak di Shanghai bahwa mobil listrik memiliki kemungkinan terbakar lebih dari 500 persen lebih kecil ketimbang mobil bertenaga bensin. Dia percaya diri bahwa Tesla dan teknologi mobil listriknya aman.

Insiden itu terjadi ketika Tesla tengah menyelesaikan pabrik mobil di Tiongkok. Namun kabar kekhawatiran tentang keamanan baterai terus meningkat menyusul serangkaian insiden yang melibatkan mobil listrik yang terbakar di negara itu. Tiongkok juga diketahui sebagai pasar terbesar dunia untuk kendaraan energi baru dan terbarukan.

Tesla Jadi Armada Taksi di Indonesia

Masih terkait mobil listrik Tesla, kendaraan mewah tersebut juga dipasarkan di tanah air. Mobil tersebut masuk ke Indonesia melalui importir umum (IU), yakni Prestige Image Motorcars.

Selain menjadi mobil mewah dengan harga selangit, Tesla di Indonesia malahan menjadi armada taksi. Bluebird yang memboyong Tesla si mobil listrik mewah menjadi kendaraan angkutan umum yang bisa digunakan siapa pun.

Armada Tesla yang digunakan Bluebird sebagai taksi adalah Tesla Model X. Menjawab keraguan ihwal banyaknya insiden mobil listrik Tesla yang terbakar di banyak pasar mereka di seluruh dunia, pihak Bluebird kala peluncuran meyakini betul bahwa mobil Tesla Model X yang dibawanya ke Indonesia untuk armada taksi sangat aman. Model X sendiri juga sempat dikabarkan terbakar beberapa waktu lalu.

Direktur PT Bluebird Tbk Adrianto Djokosoetono kala itu mengatakan bahwa Tesla Model X yang digunakan sebagai armada taksi sangat aman. Pihaknya menyebut komponen yang ada di mobil Tesla Model X yang hadir di Indonesia sebagai mobil taksi sudah sesuai dengan iklim di negara tropis.

Selain dari segi spesifikasi yang dikatakan telah disesuaikan, keyakinan pihak Bluebird bahwa armada Tesla Model X aman digunakan lantaran mereka memiliki kompetensi untuk melakukan perawatan mobil mewah dengan asilitas dan mekanik khusus yang telah mengikuti training.

“Salah satu alasan kenapa kita cukup percaya diri dan komitmen adalah karena kami yakin memiliki kompetensi untuk melakukan perawatan pada kendaraan tersebut. Stasiun pengisian daya listrik juga ada di sini untuk mendapat pengawasan secara langsung dan memastikan semua sesuai aspek keamanan dan keselamatan,” jelas Adri usai meluncurkan armada taksi Tesla Model X beberapa waktu lalu.

Published at Wed, 15 May 2019 16:01:13 +0000

You may also like

Leave a Comment

%d bloggers like this: