Sudah Pengecoran, Underpass Satelit Bakal Diresmikan 31 Mei

by admin
0 comment

Sudah Pengecoran, Underpass Satelit Bakal Diresmikan 31 Mei

JawaPos.com – Pembangunan underpass di bundaran Satelit yang berkali-kali molor dari jadwal ditargetkan selesai paling lambat 31 Mei atau dua pekan lagi. Saat itu, Surabaya merayakan hari jadi ke-726. Peresmian underpass tersebut akan menjadi semacam kado ulang tahun Surabaya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengungkapkan bahwa pengerjaan jalan untuk underpass itu sudah memasuki tahap pengecoran. Dia menyebutkan, dibutuhkan waktu lima hari sampai sepekan agar lantai jalan itu benar-benar kering. “Ini nanti peresmiannya 31 (Mei, Red),” kata Risma setelah meresmikan Puskesmas Wonokromo kemarin (15/5).

Dari pantauan, memang terlihat alat-alat berat di lahan kosong dekat dinding jalan untuk memindahkan atau meratakan tanah. Di sisi Jalan Mayjen Sungkono, terlihat ekskavator kecil di dekat jalan yang aspalnya telah dibongkar Sementara itu, sisi dari arah Jalan HR Muhammad masih tertutup. Ada tiang listrik yang berdiri di area dekat akses menuju underpass tersebut.

Terkait arus kendaraan, hampir tidak ada hambatan berarti dari arah Mayjen Sungkono, kecuali saat lampu merah. Namun, dari arah HR Muhammad, arus lalu lintas agak tersendat karena seng untuk menutup lokasi proyek itu menghalangi sebagian jalan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya Eri Cahyadi mengungkapkan, khusus untuk tiang listrik, dirinya sudah berkoordinasi dengan PLN agar segera memindahkannya. Kemarin pagi dia meninjau langsung kondisi proyek yang dikerjakan sejak 2015 itu. Selain tiang listrik, akan ada pemindahan pepohonan di sekitar akses masuk underpass. “Koordinasi dengan PLN untuk memindahkan tiang listrik yang ada di HR Muhammad,” ujar Eric, sapaan akrab Eri Cahyadi.

Alat berat di lokasi underpass Bundaran Satelit. Pemkot menargetkan pengerjaan rampung akhir bulan ini. (Puguh Sujiatmiko/Jawa Pos)

Di sekitar lokasi underpass, juga akan dibangun taman. Ditargetkan, taman itu selesai menjelang peresmian underpass. Lokasinya berada di sisi Jalan HR Muhammad dan Jalan Mayjen Sungkono. “Ada si komo (ekskavator kecil, Red) dari DKRTH yang sedang membangun taman,” kata Eric yang juga menjadi Plt kepala dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) itu. Selain taman, ada boezem atau tempat penampungan air yang dilengkapi dengan rumah pompa.

Sementara itu, pengerjaan rigid pavement untuk lantai jalan masih memasuki tahap penyelesaian. Eric menyebutkan, PT Pembangunan Perumahan (PP) yang menjadi kontraktor proyek hasil patungan pengusaha-pengusaha di Surabaya itu berkomitmen menyelesaikannya dalam waktu dekat.

“Dari teman-teman PP ada kendala, rigid-nya minta waktu minggu ini. Maksimal Senin insya Allah sudah selesai semuanya. Tapi, yang pasti rencana awal Bu Wali inginnya nanti (peresmian, Red) 31 Mei setelah upacara,” ungkap Eric.

Underpass di bundaran Satelit itu menjadi salah satu upaya untuk memperlancar arus lalu lintas dari Jalan Mayjen Sungkono menuju HR Muhammad dan sebaliknya. Overpass yang berada di atas underpass tersebut sudah lama difungsikan. Dengan begitu, arus kendaraan dari HR Muhammad menuju tol nanti bisa lancar.

Published at Thu, 16 May 2019 07:14:02 +0000

You may also like

Leave a Comment

%d bloggers like this: