Pakar Nutrisi Bicara Pengaruh Saluran Cerna si Kecil terhadap Kecerdasan

by admin
0 comment

Pakar Nutrisi Bicara Pengaruh Saluran Cerna si Kecil terhadap Kecerdasan

JawaPos.com – Anak usia di atas 1 tahun sudah mulai ceriwis untuk kritis terhadap berbagai hal. Kemampuan daya pikir, intekektual, dan emosi berkembang dengan pesat. Itu semua ternyata bisa berpengaruh jika saluran cerna si kecil tak sehat.

Pakar Nutrisi Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc menjelaskan, pada usia di atas satu tahun, kemampuan daya pikir, intelektual, emosi, dan sosial berkembang sangat pesat. Masa inilah saat yang tepat bagi orang tua memperhatikan asupan nutrisi anak agar buah hati dapat tanggap secara intelektual, emosi, dan sosial.

“Kesehatan pencernaan merupakan faktor panting, karena dapat memengaruhi penyerapan nutrisi optimal yang dibutuhkan oleh si Kecil,” jelasnya dalam konferensi pers bersama Bebelac oleh Nutricia baru-baru ini.

Pemenuhan nutrisi secara tepat sesuai kebutuhan setiap tahap usia anak akan mendukung berkembangnya daya pikir dan emosi anak. Kesehatan saluran cerna mampu memengaruhi kemampuan daya pikir dan emosi si Kecil. Usus adalah organ yang kompleks dan penting.

“Organ ini memiliki 60-70 persen sel imun, 100 juta neuron dan menghasilkan 95 persen serotonin tubuh yang memengaruhi mood atau emosi si Kecil,” ungkapnya.

Oleh karena itu, untuk mendorong anak tanggap secara intelektual dan emosional, anak di atas usia 1 tahun harus terpenuhi kebutuhan makronutrien dan mikronutriennya. Selain itu juga asam lemak esensial (AA, DHA), asam amino esensial; tambahan vitamin (vitamin A dan D), mineral (Besi dan Seng) dan prebiotik untuk kesehatan.

Ramadan menjadi momen yang tepat untuk mengasah kebesaran hati si Kecil melalui rasa empati dan rasa pedulinya. Menyadari bahwa perkembangan otak. Emosi dan intelektual anak berkembang pesat di usia satu tahun ke atas. Maka dari itu, penting bagi orang tua untuk mengasah kebesaran hati si Kecil sejak dini agar mereka tumbuh dengan melihat permasalahan dari hatinya. Rasa empati dan peduli yang terbentuk akan mendorong daya pikir anak untuk melakukan aksi hebat sesuai nurani mereka.

Dalam momen Ramadan, Bebelac kembali meluncurkan kampanye yang mengajak orang tua untuk mengasah kebesaran hati dan daya pikir si Kecil dengan stimulasi yang tepat sesuai tahap usia mereka. Bebelac dengan pengalaman dan inovasi di bidang Nutrisi Awal Kehidupan selama 100 tahun berkomitmen untuk mendukung ibu dalam menyediakan nutrisi dan stimulasi yang tepat agar kebesaran hati si Kecil berkembang seiring kemampuan berpikirnya.

“Bebelac percaya bahwa anak yang memiliki kebesaran hati yang berkembang seiring dengan daya pikirnya akan tumbuh menjadi Anak Hebat dengan Tanggap yang Lengkap, yang memiliki rasa peduli, cepat tanggap, dan tanggap bersosialisasi. Untuk itu, dibutuhkan peran orang tua tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, tetapi juga memberikan berbagai stimulasi untuk mengasah akal dan hati si Kecil sejak dini,” tutup Marketing Manager Bebelac Deska Hapsari Nugrahaini.

Published at Sat, 18 May 2019 07:12:38 +0000

You may also like

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: