PPDB Online Dibuka, Dispendik Yakin Pagu SMPN 33 Gresik Penuh

by admin
0 comment

PPDB Online Dibuka, Dispendik Yakin Pagu SMPN 33 Gresik Penuh

JawaPos.com – Hari ini (20/5) pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2019-2020 dibuka. Dinas pendidikan menyoroti unit sekolah baru (USB) SMPN 33 Gresik. Dengan lulusan SD yang ada, mereka optimistis pagu 96 murid bakal terpenuhi.

Ketua Penyelenggara PPDB Dispendik Gresik Nur Maslichah mengatakan, SMPN 33 Gresik memang belum memiliki gedung. Namun, melihat banyaknya kebutuhan di wilayah Driyorejo, kuota itu akan cepat terpenuhi.

Menurut data dispendik, selisih output SD/MI dengan input SMP/MTs tahun lalu mencapai 1.020 di wilayah Driyorejo. Selain itu, SMP negeri di kawasan tersebut hanya SMPN 1 Driyorejo dan SMPN 33 Gresik. Apalagi, pada PPDB tahun lalu, jumlah pendaftar di SMPN 1 Driyorejo hampir mencapai seribu siswa. Padahal, yang diterima hanya 352 siswa. ”Tahun lalu banyak anak Driyorejo yang lari ke luar daerah,” tutur Ica, sapaan Nur Maslichah.

Ica berharap dengan adanya USB itu, kebutuhan pendidikan di wilayah Driyorejo bisa terpenuhi. Apalagi, sekarang ada sistem PPDB zonasi yang menuntut jarak 5 km dari tempat tinggal.

Ica menambahkan, tahun ini dispendik menerima siswa untuk SMPN 33 Gresik. Mereka belum membangun gedung sekolah. Nanti pembelajarannya nunut di SDN 1 Bambe. ”Gedung SMPN 33 Gresik baru dianggarkan tahun depan. Semula, rencananya dibangun tahun ini. Tapi, tidak bisa karena harus ada kajian,” ucapnya.

Pembukaan SMPN 33 Gresik sempat menimbulkan pro-kontra. Salah satu yang menolak adalah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Driyorejo. Alasannya, banyak sekolah swasta di daerah tersebut dengan radius cukup dekat. Mereka khawatir tidak mendapatkan murid.

Wakil Sekretaris Pergunu Driyorejo Moh. Jaelani menjelaskan, ada 19 lembaga setingkat SMP/MTs swasta yang mayoritas milik NU di daerah itu. Jaraknya tidak jauh dari SMPN 33. Apalagi, selama ini lembaga pendidikan tersebut kekurangan murid. Jumlah siswa yang sedikit berdampak pada guru, terutama non-ASN.

Untuk PPDB secara keseluruhan, Ica menyebut pendaftar akan membeludak di sekolah tertentu. Kemudian, ada sekolah yang sepi pendaftar. ”Biasanya di pinggiran. Tapi, nanti dilihat dulu,” ujarnya.

Dilihat dari tahun sebelumnya, sekolah di wilayah kota diprediksi kebanjiran pendaftar. Misalnya, SMPN 1 Gresik, SMPN 2 Gresik, dan SMPN 3 Gresik. Jarak sekolah tersebut tidak terpaut jauh. ”Pendaftar di tiga sekolah itu bakal membeludak. Apalagi, seorang siswa bisa mendaftar tiga sekolah,” katanya.

Pendaftaran PPDB dilakukan secara online melalui website gresik.siap-ppdb.com. Mulai hari ini hingga Rabu (22/5). ”Pada waktu yang sama siswa langsung verifikasi. Nah, Kamis (23/5) pengumuman,” ucapnya.

Published at Mon, 20 May 2019 11:01:53 +0000

You may also like

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: