Sidoarjo Bakal Terus Tambah Bunga Tabebuya

by admin
0 comment

Sidoarjo Bakal Terus Tambah Bunga Tabebuya

JawaPos.com – Jalan Gajah Mada tampak berbeda. Di tepi jalan terlihat bermekaran bunga. Warnanya kuning dengan bentuk seperti trompet. Sejauh ini, masih cukup banyak warga Kota Delta yang mengenalnya sebagai bunga sakura. Padahal, nama bunga itu adalah tabebuya.

”Jalanan menjadi lebih indah. Tetapi, namanya apa, saya kurang tahu. Seperti bunga sakura,” kata Romli, salah seorang petugas parkir di Jalan Gajah Mada, kemarin (19/5).

Tabebuya adalah salah satu jenis tanaman dari Brasil. Bunganya memang menyerupai sakura. Indah dan lebar saat musim berbunga. Dari pantauan Jawa Pos, setidaknya ada 71 pohon tabebuya yang sedang mekar di sisi kanan-kiri Jalan Gajah Mada. ”Saya melihat pohon yang serupa di Jalan Ahmad Yani, Surabaya. Bunga sama, tetapi beda warna. Pink,” ungkap Romli.

Kabid Pertamanan dan Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pemkab Sidoarjo Mochammad Rochjadi Hafiluddin menjelaskan, puluhan pohon tabebuya telah ada di Jalan Gajah Mada sekitar delapan tahun lalu. Setiap tahun, pohon itu berbunga. ”Seperti sakura. Bagus untuk mempercantik tatanan kota,” tuturnya.

Rochjadi menerangkan, ada beberapa kelebihan tabebuya. Saat ditanam, akar pohon tidak merusak rumah atau dinding. Daunnya tidak mudah rontok. Bunga yang dihasilkan pun lebat dan berwarna. ”Menghasilkan pemandangan yang bagus,” katanya.

Bukan hanya di Jalan Gajah Mada, pihaknya juga telah menanam 230 pohon tabebuya di sekitar Jalan Raya KH Ali Mas’ud dekat Transmart Sidoarjo. Pohon itu akan berbunga dengan warna pink. ”Rencananya kami juga menambah beberapa tanaman bunga yang serupa, tapi menggunakan pot,” ujarnya.

Published at Mon, 20 May 2019 13:17:14 +0000

You may also like

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: