Jauhi Penuaan Kulit, Catat 5 Makanan yang Baik dan Buruk Dikonsumsi

by admin
0 comment

Jauhi Penuaan Kulit, Catat 5 Makanan yang Baik dan Buruk Dikonsumsi

JawaPos.com – Salah satu isu kecantikan yang berkembang saat ini adalah metode anti penuaan dini. Berbagai cara dilakukan untuk tampil lebih awet muda bebas kerutan. Tak hanya lewat upaya perawatan di klinik kecantikan, tetapi juga harus memulainya lewat asupan makanan.

Dilansir dari Live Strong, Minggu (16/6), ada lima makanan yang bisa merangsang kolagen sehingga membuat seseorang awet muda. Sebab kandungan antioksidan di dalamnya mampu melawan radikal bebas. Sementara itu ada juga makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari karena memicu kerutan serta penuaan dini datang lebih cepat.

Makanan Terbaik Untuk Tangkal Penuaan Dini

1. Keju

Semakin usia bertambah, kualitas kekuatan gigi lebih menurun. Sebuah studi tahun 2013 dari Akademi Kedokteran Gigi Umum menyarankan mengunyah keju setelah makan dapat membawa efek gigi putih lebih cerah. Pertama, kalsium dalam keju membantu membangun gigi yang kuat, dan cheddar dapat menetralkan asam yang tertinggal setelah makan, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk camilan setelah makan malam.

2. Tomat

Kulit awet muda bukan hanya menggunakan tabir surya secara teratur, tetapi bisa dibantu dengan makan banyak tomat. Buah-buahan sehat ini kaya akan likopen, antioksidan dengan sifat tabir surya alami. Sebuah studi 2010 dari British Journal of Dermatology menemukan pasta tomat adalah salah satu sumber terbaik untuk menemukan likopen yang baik bagi kulit.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun meningkatkan daya ingat dan membuat siapa saja terlihat awet muda. Situs Olive Oil Source menyarankan untuk melembabkan kulit dengan menggunakannya pada rambut sebagai pengontrol conditioner dan ketombe. Atau bisa dikonsumsi untuk menjaga kulit tetap lembab dan mengurangi peradangan. Lemak seperti minyak zaitun extra-virgin kaya antioksidan untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan.

Antioksidan dalam salmon bisa mencegah kulit dari penuaan. (dr. weil)

4. Salmon

Salmon asap, dikukus atau dipanggang, tentu saja merupakan makanan super. Lemak tak jenuh tunggal dalam ikan, biji-bijian dan alpukat sangat baik untuk kulit yang sehat. Sebab mengandung omega-3 esensial serta antioksidan seperti vitamin E dan Selenium. Antioksidan melindungi terhadap radikal bebas (polutan) yang dapat memiliki efek merusak atau penuaan pada kulit.

5. Semangka

Semangka mengandung 93 persen air, dengan vitamin dan antioksidan untuk membantu menangkal penuaan dini. Semangka kaya vitamin A yang dapat membantu mencegah jerawat dan menjaga kulit tetap lembab. Semangka mengandung karoten yang telah terbukti membantu mengurangi stres oksidatif, yang membuat kulit semakin tua.

Hindari Makanan Pemicu Kerutan

1. Gula

Permen dan makanan manis tidak hanya merusak gigi mereka juga bisa membuat kulit menua. Produksi kolagen secara alami berkurang seiring bertambahnya usia. Dengan mengonsumsi gula berlebih bisa lebih mempercepat prosesnya. Dokter Naturopathic, Trevor Cates, menulis dalam bukunya Clean Skin from Within bahwa gula meningkatkan efek merusak kolagen glikasi dan mempercepat penuaan kulit. Dia menambahkan bahwa makan terlalu banyak gula dapat memicu jerawat.

Gula bisa mempercepat penuaan pada kulit. (MD Anderson)

2. Kafein

Kafein dalam kopi akan membuat semangat. Anda berisiko memiliki kerutan tambahan. Kafein memiliki efek pada penuaan karena memicu pelepasan kortisol. Kortisol adalah hormon stres yang dapat berkontribusi pada penambahan lemak dan penuaan.

3. Makanan Karbon

Makanan daging panggang mengandung hidrokarbon pro-inflamasi yang dapat menyebabkan kolagen kulit menjadi rusak. Misalnya steak atau BBQ.

4. Alkohol

Alkohol menyebabkan dehidrasi, membuat kulit kering dan rentan terhadap kerutan dini. Alkohol mengganggu kualitas tidur.

5. Garam

Terlalu banyak mengonsumsi (lebih dari 2.300 miligram per hari yang direkomendasikan) dapat berbahaya tidak hanya bagi tubuh tetapi tekanan darah dan kulit menjadi kering.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Published at Tue, 18 Jun 2019 00:30:25 +0000

You may also like

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: