Jatim Dominasi Skuad Putra, Jabar Dominasi Tim Putri

by admin
0 comment

Jatim Dominasi Skuad Putra, Jabar Dominasi Tim Putri

JAKARTA – PP PBVSI akhirnya merilis nama-nama pemain yang masuk pelatnas voli indoor untuk SEA Games 2019 Filipina. Surat keputusan (SK) pemanggilan diedarkan ke klub dan pihak terkait lainnya sejak kemarin. Ada 18 pemain putra dan 18 putri yang terpilih. Hampir tidak ada nama baru. Semua adalah veteran di berbagai ajang internasional (lihat grafis).

Dari sektor putra, lebih dari separo skuad diisi pemain asal Jawa Timur. Mayoritas bernaung di klub Surabaya Bhayangkara Samator. Misalnya, Rendy Febriant Tamamilang, Rivan Nurmulki, serta Nizar Julfikar. Sedangkan di sektor putri, terdapat 13 pemain yang berasal dari Jawa Barat. Kebanyakan berasal dari klub Jakarta PGN Popsivo Polwan.

Nah, yang masih menjadi pekerjaan rumah PBVSI adalah jajaran pelatih. Untuk pelatih putri tidak ada masalah. Amalia Fajrina dkk bakal tetap dibesut pelatih PGN Popsivo Polwan Octavian. Pelatih putra yang belum ada. ’’Kami berencana memakai pelatih dari Korea Selatan, tapi masih nego,’’ ungkap Ketua Badan Tim Nasional PBVSI Loudry Maspaitella.

Loudry tidak menyebut siapa nama pelatih dari Korsel yang diincar menangani Rendy dkk. Namun, jika sampai awal Juli nanti tidak ada kepastian, pihaknya bakal menggunakan pelatih lokal yang prestasinya sudah tidak diragukan lagi. Samsul Jais dan Ibarsjah Djanu Tjahjono menjadi kandidat kuat untuk mengisi posisi tersebut.

Pelatnas dimulai 7 Juli mendatang di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Tempat yang sama dengan pelatnas voli pantai yang terlebih dulu berjalan sejak 17 Juni lalu. Mereka sudah dinanti agenda tryout. Tim putri bakal berlaga di Asian Women’s Volleyball Championship di Korea pada 17–25 Agustus. Sedangkan tim putra terjun di Asian Men’s Volleyball Championship di Iran pada 13–21 September.

Di SEA Games, Indonesia memasang target tinggi. Yakni, emas dari putra dan perak dari putri. Sudah lama Indonesia tidak berdiri di podium utama ajang multievent Asia Tenggara tersebut. Kali terakhir emas dituai cabor voli pada SEA Games 2009 di Vientiane, Laos. Setelah itu, Merah Putih selalu kalah oleh Thailand di final.

’’Sekarang masa transisi Thailand yang ganti ke pemain junior,’’ jelas Loudry. ’’Di Asian Games 2018, secara permainan kami menang 3-2. Baru junior saja bisa merepotkan Indonesia. Beberapa tahun lagi pasti akan berkembang makin bagus. Makanya, momen ini harus diambil,’’ tegas mantan bintang Jakarta BNI 46 tersebut. 

Anggota Pelatnas Voli SEA Games 2019

Putra

Muhammad Malizi (DKI)

Dio Zulfikri (DKI)

Okky Damar Saputra (DKI)

Delly Dwi Putra Heryanto (Jawa Barat)

Dimas Saputra Pratama (Jawa Barat)

Sigit Ardian (Jawa Tengah)

Doni Haryono (Jawa Tengah)

Bastian Tamtomo Putra (Jawa Tengah)

Rivan Nurmulki (Jawa Timur)

Rendy Febriant Tamamilang (Jawa Timur)

Nizal Zulfikar Munawar (Jawa Timur)

Yuda Mardiansyah Putra (Jawa Timur)

Hernanda Zulfi (Jawa Timur)

Agil Angga Anggara (Jawa Timur)

Fahreza Rakha Abhinaya (Jawa Timur)

Alfin Daniel Pratama (Jawa Timur)

I Putu Randu Wahyu Pradana (Jawa Timur)

Pelatih: Belum diputuskan

Putri

Arsela Nuari Purnama (DKI)

Dita Azizah (DKI)

Amalia Fajrina Nabila (Jawa Barat)

Wilda Siti Nurfadilah Sugandi (Jawa Barat)

Tri Retno Mutiara Lutfi (Jawa Barat)

Agustin Wulandhari (Jawa Barat)

Putri Andya Agustina (Jawa Barat)

Ratri Wulandari (Jawa Barat)

Tisya Amaliya Putri (Jawa Barat)

Wintang Dyah Kumala Sakti (Jawa Barat)

Sheila Bernadetha Onnan (Jawa Barat)

Novia Andriyanti (Jawa Timur)

Yulis Indahyani (Jawa Timur)

Megawati Hangestri Pertiwi (Jawa Timur)

Khalisa Azilia Rahma (Jawa Timur)

Hany Budiarty (Papua Barat)

Eris Septia Wulandari (Papua)

Aprilia Santini Manganang (Sulawesi Utara)

Pelatih: Octavian

Published at Sun, 30 Jun 2019 12:46:50 +0000

You may also like

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: