Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Hutan Kota Pakal

by admin
0 comment

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Hutan Kota Pakal

JawaPos.com – Komitmen Pemkot Surabaya untuk menjadikan hutan kota Pakal sebagai kawasan wisata mulai diwujudkan. Hal itu yang kemarin tergambar dari kedatangan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Eri Cahyadi ke hutan kota Pakal.

Dalam kunjungannnya, Eri menjelaskan arah pengembangan hutan kota Pakal. Menurut dia, fasilitas hutan kota Pakal bakal ditambah. Kolamnya akan diperbaiki. Sebagian bakal dimanfaatkan sebagai area pemancingan. Sebagian lagi ditata menjadi danau. ’’Nanti danaunya diberi sepeda air yang bisa dinikmati pengunjung,’’ jelasnya.

Selain itu, pemkot akan menata lagi pedagang kaki lima (PKL) di sana. ’’Kami bina pedagang-pedagangnya,’’ ujarnya. Pemkot ingin layanan dan kuliner di sana seperti di pusat perbelanjaan modern.

’’Apa pun yang dibangun pemerintah kota harus bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar,’’ jelasnya. Eri juga melihat saat ini jalan menuju hutan kota Pakal belum representatif. Karena itu, perencanaan pengembangan ke depan juga menyentuh akses jalan tersebut. ’’Tahun ini akan dituntaskan,’’ tutur pria yang ikut meramaikan bursa cawali dan cawawali Surabaya tersebut.

Menurut Eri, sejak awal, pemkot memang berharap keberadaan hutan kota bukan sekadar syarat untuk memenuhi ruang terbuka hijau. Kawasan itu juga bisa menjadi alternatif wisata baru untuk masyarakat. Karena itu, setelah hutan kota Pakal dibangun, pemkot tetap memikirkan arah pengembangannya.

Hutan kota Pakal memiliki luas 6,5 hektare. Di dalamnya sudah banyak pohon lindung dan kolam pancing. Disediakan pula berugak agar pengunjung bisa berteduh.

Ketua RW 01 Kelurahan Pakal Suyanto menyambut baik rencana pemkot untuk mengembangkan hutan kota tersebut. Kemarin Suyanto terlihat ikut mendampingi Eri mengelilingi area hutan kota Pakal. ’’Menurut penjelasan Pak Eri tadi, pemkot akan membangun sentra kuliner mengelilingi hutan,’’ ungkapnya. Menurut dia, hal itu berdampak positif bagi perekonomian warga sekitar.

Published at Sun, 30 Jun 2019 12:17:00 +0000

You may also like

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: