Kenali Peraturan Biliar 15 Bola Sebelum Bermain Biliar!

by admin
0 comment

Kenali Peraturan Biliar 15 Bola Sebelum Bermain Biliar!

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Permainan biliar terdiri dari beberapa jenis, yakni biliar 9 bola dan 15 bola. Namun di Indonesia, jenis permainan biliar yang paling populer adalah permainan biliar 15 bola. Sesuai dengan namanya, permainan biliar ini menggunakan 15 buah bola. Setiap bola memiliki warna yang berbeda.

Permainan biliar 15 bola memiliki peraturan yang wajib diikuti oleh seluruh pemain. Bagi kamu yang belum mengetahui apa saja peraturannya, berikut ini kami sajikan beberapa peraturan dalam permainan biliar 15 bola secara umum:

1. Jenis bola

Jenis bola yang digunakan dalam permainan biliar 15 bola terdiri dari 2 macam. Bola pertama adalah bola solid yang memiliki warna penuh atau solid. Bola solid terdiri dari bola dengan angka 1 hingga 7.

Jenis bola yang kedua adalah bola strip yang memiliki motif garis putih pada bagian tengahnya. Bola strip terdiri dari bola dengan angka 9 hingga 15. Selain itu, terdapat pula bola berwarna hitam yang memiliki angka 8 dan bola putih atau cue ball yang digunakan untuk menembak bola solid atau strip.

2. Sistem break

Dalam permainan biliar 15 bola, sistem break yang dilakukan sama seperti jenis permainan biliar lainnya. Break pertama dilakukan lewat pengundian dan selanjutnya adalah dengan giliran.

Namun ketika seorang pemain selesai melakukan break, kemudian terdapat salah satu bola yang masuk ke dalam lubang, maka tim dari pemain tersebut berhak mendapatkan giliran menembak kembali. Tetapi pemain yang akan menembak lagi harus memilih bola mana yang akan ditembak, sedangkan bola yang masuk setelah break tadi tidak dihitung.

Jika ketika melakukan break, bola 8 keluar dari meja, maka pemain diperbolehkan untuk memilih apakah akan melakukan break ulang dengan kembali menata bola atau meletakkan bola 8 pada foot spot.

3. Pelanggaran

Dalam permainan biliar, terdapat beberapa pelanggaran yang harus dihindari. Berikut ini adalah beberapa pelanggaran tersebut:

  1. Menembak bola yang bukan miliknya. Misalnya ia mendapat jatah bola solid, tapi yang ditembak justru bola strip
  2. Menembak bola hitam ketika bola jatah lainnya belum habis
  3. Kedua kaki tidak menyentuh tanah ketika menembak
  4. Melakukan tembakan ketika bola lain masih bergerak
  5. Ketika melakukan tembakan, tidak ada bola yang menyentuh cushion
  6. Membuat bola putih masuk ke dalam lubang
  7. Salah satu bagian tubuh atau pakaian mengenai bola
  8. Terdapat bola yang keluar dari meja

Itulah beberapa peraturan biliar 15 bola yang wajib diketahui. Bermain dengan sportif adalah kunci utama keberhasilan.

Published at Thu, 15 Aug 2019 03:57:32 +0000

You may also like

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: