Mengenal Permainan Ball Pool, Permainan Para Bangsawan Dari Eropa

by admin
0 comment

Mengenal Permainan Ball Pool, Permainan Para Bangsawan Dari Eropa

Permainan ball pool disebut juga dengan permainan biliar. Sebutan ball pool sendiri berasal dari negara asalnya, Inggris. Kata ‘pool’ sendiri melekat pada permainan biliar 8 bola atau 8 ball yang memang sangat populer di Inggris kala itu.

Ball pool sendiri memiliki ukuran meja yang lebih kecil dibandingkan dengan permainan Englis Billiard. Kepopuleran ball pool juga mengalahkan English Billiard yang lebih dulu dikenal masyarakat.

Sejarah Ball Pool

Pada mulanya, permainan ball pool adalah permainan yang hanya dimainkan oleh kelas bangsawan. Di akhir abad ke 15, permainan yang pada mulanya dimainkan di luar ruangan (rumput taman) dipindahkan ke dalam ruangan dengan menata sebuah meja yang dialasi dengan karpet berwarna hijau.

Pada masa itu, bola biliar masih menggunakan gading gajah yang memang menjadi ikon bangsawan. Namun seiring dengan meningkatnya permintaan bola biliar, para pengusaha peralatan ball pool pun mencari alternatif lain. Akhirnya didapatkanlah bola biliar yang terbuat dari akrilik, resin, dan plastik.

Pada tahun 1675, permainan ball pool mencapai tingkat kepopuleran paling tinggi. Hal ini dikuatkan dengan mulai dibentuknya beberapa peraturan atau standar dalam pertandingan ball pool. Beberapa pelatih ball pool pun banyak bermunculan dengan teknik tembakan yang unik dan menarik. Salah satunya yang sangat terkenal adalah Jack Carr.

Sejarah Ball Pool di Indonesia

Ball pool atau biliar tak hanya merajai Eropa saja, para bangsawan yang berkeliling dunia juga membawa permainan ini ke tanah jajahan mereka, termasuk Indonesia. Namun berbeda halnya dengan sejarah ball pool di Eropa, permainan ini justru lebih dikenal sebagai permainan ‘kelas bawah’.

Permainan ball pool kala itu memang lebih banyak dimainkan oleh kalangan bawah atau pengangguran yang memang memiliki waktu luang lebih banyak. Beberapa orang pun akhirnya memandang sebelah mata pada permainan ini.

Namun seiring dengan berkembangnya jaman, permainan ball pool kembali naik kelas. Mahalnya peralatan permainan ini membuat lebih banyak dimainkan oleh orang berada. Bahkan permainan ini menjadi salah satu cabang olahraga yang telah melahirkan banyak atlet biliar ternama Indonesia.

Itulah penjelasan singkat mengenai permainan ball pool yang semakin digandrungi saat ini. Meskipun telah berumur ratusan tahun, namun daya tarik permainan ini memang tidak pernah pudar.

Published at Thu, 15 Aug 2019 04:31:41 +0000

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: