Inilah Teknik Dasar Renang Gaya Crawl yang Wajib Diketahui!

by admin
0 comment

Inilah Teknik Dasar Renang Gaya Crawl yang Wajib Diketahui!

Teknik renang yang satu ini lebih dikenal dengan teknik renang gaya bebas dalam bahasa Indonesia. Teknik dasar renang gaya crawl atau front crawl menjadi salah satu teknik renang yang banyak digunakan karena lebih mudah dilakukan.

Selain itu, teknik ini membutuhkan koordinasi yang baik dari seluruh anggota badan sehingga membentuk badan menjadi lebih proposional. Bagi kamu yang penasaran dengan cara melakukannya, berikut ini adalah beberapa penjelasan singkat mengenai gaya renang crawl:

Meluncur

Teknik dasar renang gaya crawl diawali dengan gerakan meluncur. Pertama, berdiri di pinggir kolam dengan badan menempel pada dinding kolam. Letakkan salah satu telapak kaki pada dinding kolam dan kaki satunya lagi menopang badan.

Dorong telapak kaki di dinding kemudian ikuti dengan telapak kaki lainnya yang ikut diangkat dan mendorong. Luruskan kedua kaki dan rapatkan. Kedua tangan dalam posisi rapat dan lurus ke depan. Biarkan badan meluncur dengan sendirinya.

Gerakan tangan

Pada gaya renang crawl, tangan digerakkan secara bergantian. Angkat salah satu tangan ke atas dan dorong seperti menangkap udara sedangkan tangan yang lain juga mendorong air yang berada di bawah. Lakukan gerakan ini seperti mendayung secara bergantian ke atas dan ke bawah.

Gerakan kaki

Untuk gerakan kaki juga dilakukan secara bergantian. Lakukan gerakan mengangkat kaki ke atas dimana kaki yang lain turun menghentakkan air ke bawah. Lakukan secara bergantian agar tubuh tetap terdorong ke depan. Usahakan untuk tidak mengangkat kaki terlalu tinggi karena akan membuat kaki jadi mudah lelah dan gerakan lebih lambat.

Ketika melakukan gerakan kaki, gerakkan mulai dari pangkal paha sehingga hentakan yang dicambuk di atas permukaan air akan lebih kuat mendorong tubuh ke depan. Namun ingat untuk melakukannya dengan rileks dan tidak kaku agar tidak kram.

Cara bernafas

Dalam renang gaya crawl, bernafas jauh lebih mudah dilakukan karena dapat dilakukan di setiap ayunan tangan. Ketika tangan mengayun ke atas, maka badan akan menghadap ke samping sehingga kepala juga akan ikut menghadap ke samping. Ketika itulah segera ambil nafas dengan menggunakan mulut. Hindari mengambil nafas dengan hidung karena dapat menyebabkan air masuk ke dalam hidung.

Itulah teknik dasar renang gaya crawl yang perlu diketahui. Untuk bisa menyempurnakan teknik ini, lakukan latihan secara rutin.

Published at Thu, 05 Sep 2019 04:18:20 +0000

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: