Inilah Cara Bernafas Saat Berenang yang Wajib Diketahui!

by admin
0 comment

Inilah Cara Bernafas Saat Berenang yang Wajib Diketahui!

Salah satu teknik yang paling penting dipelajari saat berenang adalah cara bernafas. Teknik bernafas dalam renang harus dipelajari dengan baik agar tubuh tetap mendapatkan energi dan mampu berenang selama mungkin. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai cara bernafas yang benar dalam renang:

  1. Miringkan kepala. Cara mengambil nafas dalam renang adalah dengan memiringkan kepala ke samping. Ketika salah satu tangan terangkat ke atas, maka secara otomatis kepala juga dimiringkan. Ketika itu, berkonsentrasilah untuk mengambil nafas dengan memiringkan kepala. Ingat, kepala jangan sampai menghadap ke atas dan jaga teknik renang tetap stabil.
  2. Jangan angkat kepala. Ketika akan mengambil nafas, hindari mengangkat kepala ke atas karena dapat mengganggu konsentrasi. Posisikan salah satu tangan di depan dan tangan lain di belakang dengan sudut sekitar 45 derajat. Putar kepala ke arah samping dan segera ambil nafas sebanyak mungkin.
  3. Lakukan di satu sisi terlebih dahulu. Jika kamu baru saja belajar berenang, maka cara bernafas yang paling baik adalah dengan mengambil nafas dari satu sisi saja. Ambil nafas dari sisi yang paling nyaman. Jika telah mahir, kamu bisa mencoba mengambil nafas bilateral atau dari kedua sisi. Pernafasan bilateral lebih memungkinkan untuk berenang jarak jauh dan lurus.
  4. Kuasai pernafasan bilateral. Mengapa perlu melatih pernafasan bilateral? Pernafasan bilateral sangat membantu dalam renang, terutama renang jarak jauh. Cara melakukannya adalah dengan stroke tiga kali kemudian mengambil nafas di salah satu sisi dan kemudian stroke tiga kali lagi dengan stroke di sisi lain.
  5. Menghembuskan nafas. Cara menghembuskan nafas dalam renang berbeda dengan ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Hembuskan nafas lewat hidung dan mulut. Dengan begitu, jumlah air yang mungkin masuk ke dalam hidung dan paru-paru lebih sedikit.

Itulah cara bernafas dalam renang yang perlu diketahui. Pada awal latihan, mungkin kamu akan menghirup banyak air lewat hidung maupun mulut. Namun hal tersebut normal dalam latihan. Semakin banyak berlatih maka akan semakin mudah melakukannya.

Published at Mon, 09 Sep 2019 05:25:28 +0000

You may also like

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: