8 Korban Tinju Maut, Bukti Khabib Tak Hanya Jago Gulat

HomeBerita Olahraga Lainnya

8 Korban Tinju Maut, Bukti Khabib Tak Hanya Jago Gulat

Jakarta, Elkosongsiji Media - Khabib Nurmagomedov lebih dikenal sebagai petarung spesialis ground fighting di UFC. Di luar itu, sejatinya pukulan Khab

Drawing Babak Grup Liga Europa 2020/2021 Telah Selesai Dilangsungkan
Prediksi, Khabib Bisa Kalah Lawan Gaethje di UFC 254
Gaethje Sebelum Peluk Khabib: Kamu Monster
Jakarta, Elkosongsiji Media – Khabib Nurmagomedov lebih dikenal sebagai petarung spesialis ground fighting di UFC. Di luar itu, sejatinya pukulan Khabib juga memakan banyak korban.Khabib memenangkan 29 pertarungan dalam kariernya di dunia mixed martial arts. dari 29 laga tersebut, kemenangan lewat submission memang jadi mayoritas lewat total 11 laga.

Namun kemenangan lewat KO/TKO juga terbilang banyak. Khabib berhasil membungkam delapan lawan lewat kepalan tangannya.

Hal itu sekaligus bisa mematahkan asumsi bahwa Khabib merupakan petarung yang hanya jago dalam ground fighting.

Statistik yang ada memang menunjukkan bahwa Khabib adalah master dalam ground fighting, namun ia juga berbahaya dalam laga standing fight.

Russian UFC fighter Khabib Nurmagomedov, choke holds UFC fighter Dustin Poirier, of Lafayette, La., during Lightweight title mixed martial arts bout at UFC 242, in Yas Mall in Abu Dhabi, United Arab Emirates, Saturday , Sept.7 2019. (AP Photo/ Mahmoud Khaled)Khabib lebih dikenal sebagai spesialis ground fighting lewat kemampuan takedown dan kuncian. (AP Photo/ Mahmoud Khaled)

Khabib jelas merupakan tipe petarung yang komplet dan tidak bakal terjerat dalam satu irama dan satu tipe cara bertarung saja.

Sebelum masuk ke UFC, Khabib enam kali menang lewat KO/TKO. Korban-korbannya adalah Said Akhmed, Eldar Eldarov, Vitaliy Ostroskiy, Alexander Agafonov, Ashot Shaginyan, dan Arymarcel Santos.

Jumlah kemenangan KO/TKO sama dengan jumlah kemenangan submission yaitu enam buah.

Ketika masuk UFC, Khabib memang mulai jarang menang KO/TKO. Hanya dua lawan dari 13 lawan yang tumbang karena KO/TKO. Pertama, yaitu Thiago Tavares di 2013 dan Darrell Horcher di 2016.

Pada laga Khabib lawan Tavares, Khabib hanya butuh satu hook kiri yang membuat Tavares terjengkang karena pukulan kanan lanjutan Khabib tak mengenai Tavares.

Usai jatuh, Khabib menghujani Tavares dengan pukulan dan sikutan hingga dinyatakan menang.

Tiga tahun berselang, Khabib juga menunjukkan keganasan pukulannya pada duel lawan Horcher. Di laga itu, Khabib menunjukkan kombinasi mengerikan antara kemampuan takedown dan tinju miliknya.

Setelah berhasil melakukan takedown, Khabib berada pada posisi dominan di ground fighting. Alih-alih coba melakukan kuncian, Khabib terus menyerang Horcher dengan pukulan dan sikutan.

Khabib sempat berubah posisi dengan berada di punggung Horcher. Namun ia terus memilih menghujani Horcher dengan pukulan demi pukulan sampai akhirnya wasit menghentikan pertarungan.Tangan kanan Horcher tak bisa berbuat banyak untuk melakukan balasan karena ditahan oleh kedua kaki Khabib.

Di luar dua kemenangan KO di UFC tersebut, Khabib juga membuktikan bahwa ia tak gentar beradu pukul menghadapi lawan yang dikenal ahli dalam standing fight seperti Conor McGregor dan Justin Gaethje.

Dalam dua laga tersebut, Khabib terbukti sukses merepotkan lawan dalam standing fight meski akhirnya menang lewat submission.

(ptr/har)