HomePSMP MojokertoAFF Cup U-19

Peran Kitman Dalam Sebuah Perjalanan Penting Tim Sepak Bola

Mojokerto, elkosongsiji.com - Sepak bola menyediakan beraneka profesi bagi umat manusia sebagai pelaku sepak bola itu sendiri. Ada yang bersinggungan

Cinta dan Do’a Untuk PSMP MOJOKERTO
Kado Dari MP loyalis 2001 Untuk 725 Tahun Kabupaten Mojokerto
Hasil tanggung Bareng Sudah Diterima Keluarga Ulum
Mojokerto, elkosongsiji.com – Sepak bola menyediakan beraneka profesi bagi umat manusia sebagai pelaku sepak bola itu sendiri. Ada yang bersinggungan langsung seperti pemilik klub, pelatih, pemain hingga pemandu bakat.
Dari sekian banyak profesi yang berhubungan langsung dengan sepak bola, mungkin yang paling kita kenal adalah pemilik klub, pelatih dan pemain. Sebagai pencinta olahraga yang paling familiar di telinga masyarakat, tentu jamak bagi kita untuk mengenal pemain, jajaran pelatih dan manajem yang namanya hilir mudik di media cetak maupun digital.
Akan tetapi, ada satu profesi dalam sepakbola yang keberadaannya tak bisa dipandang sebelah mata karena sangat sentral untuk sebuah tim sepak bola.
Kitman namanya. Profesi kitman memang jauh dari sorotan karena hanya bergerak di belakang layar. Peran kitman dalam sebuah tim memang tak ada bedanya dengan asisten rumah tangga. Menyiapkan perlengkapan tim seperti bola, jersey (untuk latihan, pemanasan maupun bertanding), kaos kaki hingga ban kapten adalah menu sehari-hari. Membersihkan jersey ataupun kaus para pemain seusai berlaga. Sebuah pekerjaan yang membutuhkan ketelatenan ekstra dan tak semua orang bersedia melakukannya.
“Menjadi seorang kitman berarti harus  bekerja nonstop dalam setiap waktu. Menjadi kitman bukan sesuatu yang mudah. Saya harus mempersiapkan kebutuhan tim sebelum berlatih dan sesudah berlatih,” papar Undang Misbakun, kitman PS Mojokerto Putra.
Ada satu lagi kitman di PSMP, yaitu Cak Mukiyi sapaan akrabnya. Beliau juga merangkap supir bus pemain. Sudah dua musim ini beliau mendamping tim kebanggaan Mojokerto. “Saya sangat senang mas dan menikmati pekerjaan ini. Walau menjadi Kitman saya cukup bangga bisa menjadi bagian dari PSMP.” ujar Cak Muk.
Lebih jauh, Mbah Gar sebagai masseus tim PSMP selama dua musim ini. Beliau adalah salah satu official yang menjadi bagian penting perjalanan tim. Tugasnya sebagai pemijat pemain yang kecapekan dan merawat pemain yang cidera. “Saya sangat senang mas bisa bergabung menjadi bagian pentim tim PSMP. Walau usia saya sudah tidak muda lagi, tapi karena ini panggilan dan memang keahlian saya memijat dan terapi.” ujar Mbah Garwono kepada elkosongsiji.com.
mengungkapkan bila para kitman sangat sibuk jika sehari menjelang pertandingan berlangsung. Karena saat itu para kitman diwajibkan untuk menyiapkan segala kebutuhan pemain yang akan dipersiapkan untuk pertandingan.

Penulis : Andi Y.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0