HomeSport Lain

Rintis Dojo Judo Baru Saat Pandemi

Sebagai putra asli Mojokerto, tanggung jawab membesarkan nama daerah lewat prestasi olahraga tak bisa terlepas dari benak Mochammad Syaiful Raharjo.

Atlet Paralayang Ini Bermodal Pinjam Parasut
Pasca Dibubarkan Polisi, Kompetisi SSB Dilanjutkan
Trofeo Kedua Digulirkan

Sebagai putra asli Mojokerto, tanggung jawab membesarkan nama daerah lewat prestasi olahraga tak bisa terlepas dari benak Mochammad Syaiful Raharjo. Atlet judo nasional asal Kota Mojokerto ini memiliki rasa tanggung jawab besar mengembangkan judo di kota onde-onde.

Rintis Dojo Judo Baru Saat Pandemi

Sejak empat bulan lalu, selama masa pandemi, adalah waktu luang yang dimanfaatkan Syaiful mengembangkan skill judo. Termasuk merintis pendirian dojo baru sebagai tempat pemusatan latihan judo. Selagi program pelatnas diliburkan, Syaiful ingin mencurahkan semua ilmunya untuk ditularkan ke junior-juniornya.

Syaiful tak segan menyulap halaman rumahnya di Perum Gatoel, Kelurahan/Kecamatan Kranggan menjadi arena pertarungan sekaligus pusat kebugaran bagi atlet judo kota. Matras, hingga ban truk telah menjadi alat yang akrab dan tak bisa dipisahkan selama melatih atlet judo kota onde-onde.

Pecatur Menjaga Feeling dengan Berlatih Mandiri

Ia juga tak segan mengajak adik-adiknya itu menjalani latihan fisik di luar kota. Termasuk di kawasan pegunungan Pacet dan Trawas Mojokerto. ’’Saya mulainya dari pinjam matras ke provinsi dan menarik anak-anak muda sekitar rumah ikut latihan. Saya sediakan dojo untuk latihan,’’ terangnya.

Redaksi Supporter PSMP Mojokerto

Suami anggota DPRD Kota Mojokerto dari PDIP, Febriana Meldyawati ini juga mengaku ingin menjadikan judo sebagai cabor favorit di kota ini. Nah, sebagai permulaan ia juga konsentrasi menjadi tim pelatih Puslatkot Judo untuk Porprov 2022.

 

Di sana, ia juga akan menularkan ilmu dan jaringannya selama di pelatnas. Salah satunya adalah rencana mengirim anak asuhnya ke Bandung dan Jakarta utnuk mengikuti pelatihan khusus. ’’Insyaallah, ke depan, judo akan melakukan pelatihan di luar kota. Sehingga mereka bisa mempunyai banyak pengalaman menghadapi pejudo skala nasional,’’ tegasnya.

Syaiful sendiri merupakan atlet judo pelatnas yang beberapa kali menyumbangkan medali di kejuaraan nasional hingga internasional. Mulai dari medali emas di PON Jabar 2016, medali emas di Sea Games Singapura tahun 2015, hingga medali emas di Sea Games Malaysia tahun 2017.