Sampai Kapan Garuda Muda Di Sana?

Hometimnas u-19 indonesia

Sampai Kapan Garuda Muda Di Sana?

elkosongsiji.com, Jakarta - Tim Indonesia U-19 melanjutkan program latihan di Kroasia dan menjadwalkan enam kali uji coba. Pertanyaannya, sampai k

Drawing Liga Champions musim 2020/2021
Liverpool disebut tak tampil sesuai levelnya
Fabio Quartararo Menyebut Valentino Rossi Tak Tergantikan Di Yamaha

elkosongsiji.com, Jakarta – Tim Indonesia U-19 melanjutkan program latihan di Kroasia dan menjadwalkan enam kali uji coba. Pertanyaannya, sampai kapan Garuda Muda di sana? Sudah satu bulan lebih Tim Indonesia U-19 menggelar Pemusatan Latihan di Kroasia sejak tiba pada akhir Agustus lalu. Niatan awalnya pun TC ini adalah sebagai persiapan Piala Asia U-19 2020.

AFC kemudian memutuskan menunda hajatan itu, namun PSSI memutuskan Tim Indonesia U-19 tetap melanjutkan kegiatan Tim Indonesia U-19 di negara Balkan itu dan menganggapnya sebagai bagian persiapan Piala Dunia U-20 2021. Demi mencari suasana baru buat Garuda Muda, PSSI sempat berencana memindahkan lokasi latihan ke Turki.

Namun, rencana itu gagal terealisasi karena tak mendapatkan konfirmasi dari calon-calon lawan yang dibidik untuk dihadapi di Turki. Akhirnya Tim Indonesia U-19 tetap di Kroasia, pindah ke Kota Split sejak 3 Oktober.

Setidaknya sudah ada enam agenda uji coba yang disusun PSSI buat Tim Indonesia U-19 sepanjang Bulan Oktober dengan komposisi lawan yakni dua negara dan dua klub. NK Dugopolje (8 Oktober), Makedonia Utara (11 dan 14 Oktober), dan Bosnia-Herzegovina (20 Oktober) bakal menjadi lawan-lawannya.

Tinggal satu klub calon lawan Tim Indonesia U-19 yang belum bisa dipastikan. Klub ini nantinya yang akan menjadi lawan terakhir Timnas U-19 pada 26 Oktober. Setelah enam uji coba itu, Tim Indonesia U-19 mengakhiri program latihan di luar negeri atau masih mau lanjut dan pindah ke negara lain? Soal itu PSSI belum mengambil keputusan.

“Masih dirapatkan PSSI apakah akan tetap di Eropa atau kembali ke Jakarta,” kata Direktur Media PSSI Eko Rahmawanto kepada detikSport.

Sementara Pelatih Tim Indonesia U-19 Shin Tae-yong mengindikasikan bahwa pemusatan latihan berakhir pada akhir Oktober. Itu berarti Tim Indonesia U-19 bakal menjalani TC di Kroasia selama dua bulan, lalu pulang ke Jakarta.

“Untuk agenda uji coba (Tim Indonesia U-19) hingga akhir Oktober,” kata Shin Tae-yong kepada detikSport via PSSI menjawab pertanyaan rencana TC Timnas U-19 di Eropa.

Meski begitu, belum tentu PSSI dan Shin Tae-yong punya pikiran dan niat yang sama. Misalnya soal pindahnya lokasi latihan Tim Indonesia U-19 ke Kota Split yang tak lepas dari keinginan dan saran Shin Tae-yong.

“Sebenarnya TC di luar negeri itu normalnya 1-2 pekan. Tetapi karena kami akan hampir 60 hari TC, kami harus mengubah suasana,” tutur pria asal Korea Selatan tentang pindahnya lokasi Tim Indonesia U-19 ke Kota Split. (cas/rin)