Syarat Quartararo Juara Dunia MotoGP: Menang 3 Seri Terakhir

HomeBerita Moto GP

Syarat Quartararo Juara Dunia MotoGP: Menang 3 Seri Terakhir

Jakarta, Elkosongsiji Media - Pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo wajib menyapu bersih tiga seri terakhir jika ingin mengunci gelar juara dunia

Marquez Sindir Pembalap Yamaha Tak Dihukum di MotoGP Eropa
Manchester United Dan Paris Saint-Germain Satu Grup Di Liga Champions
Manchester United mendapatkan Edinson Cavani dan Alex Telles
Jakarta, Elkosongsiji Media – Pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo wajib menyapu bersih tiga seri terakhir jika ingin mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020.Quartararo dalam posisi yang tidak menguntungkan. Pembalap asal Prancis itu terpaut 14 poin dari pemuncak klasemen, Joan Mir yang mengoleksi 137 poin dengan tiga seri tersisa.

Kondisi ini membuat Quartararo tidak punya pilihan lain yakni menjuarai tiga seri tersisa; MotoGP Eropa, MotoGP Valencia, dan MotoGP Portugal. Hanya dengan cara itu, El Diablo bisa mengalahkan Mir dalam persaingan perebutan juara dunia MotoGP 2020.

Sebagai informasi, setiap juara seri MotoGP berhak mengantongi 25 poin. Hal itu berarti Quartararo akan mengemas maksimal 198 poin jika juara di tiga seri terakhir.

Jumlah poin Quartararo itu tidak akan bisa dilewati. Meskipun Mir bisa finis sebagai runner up di tiga seri terakhir.

Setiap pembalap yang finis kedua memperoleh 20 poin. Jika diakumulasi dengan poin saat ini, total poin Mir hanya akan mencapai 197 poin pada akhir musim.

Andai skenario ini terwujud, Quartararo akan meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 secara dramatis. Pembalap asal Prancis itu hanya akan unggul satu poin dari Mir di klasemen pembalap.

Namun, bukan perkara mudah buat Quartararo mewujudkan skenario tersebut. Ini lantaran performa pembalap berusia 21 itu terus mengalami penurunan.

Quartararo awalnya difavoritkan untuk keluar sebagai juara dunia MotoGP 2020 usai menjuarai dua seri awal. Hanya saja, ia tidak bisa tampil konsisten walau sempat bangkit saat menjuarai MotoGP Catalan.Hal sebaliknya justru dialami Mir. Mir berhasil finis kedua di MotoGP Aragon dan menempati podium terakhir di MotoGP Teruel, finis di belakang Franco Morbidelli dan rekan setimnya Alex Rins.

Sementara itu, Mir belum sekalipun jadi juara seri di MotoGP 2020. Namun, pembalap asal Spanyol itu konsisten naik podium yang membuatnya terus mengoleksi poin-poin krusial untuk unggul dalam perburuan gelar juara dunia.

Balapan MotoGP Eropa berlangsung pada Minggu (8/11). Balapan MotoGP Eropa 2020 bisa disaksikan lewat siaran langsung di Trans 7.

(jal/jun)